Lagu tentang Desember Langsung ke konten utama

Lagu tentang Desember

Semua hal di dunia ini barangkali sudah pernah dibuatkan lagu. Tidak terkecuali nama bulan. Setiap bulan kayaknya ada lagunya, mulai dari Januari sampai Desember. Seperti halnya bulan ini kita berada di Desember, Indonesia punya beberapa lagu populer yang diciptakan dengan judul Desember.

1. Kenangan Desember - Arie Koesmiran (1970)

arie koesmiran
Arie Koesmiran

Ini lagu cewek. Lewat lagu ini si cewek membuka rahasia hatinya yang terdalam. Setiap wanita pasti punya kenangan emas, kenangan yang sangat berkesan dalam hidupnya.

Kenangan emasnya dia direbut oleh seorang pria yang pernah membuatnya jatuh hati. Pria itu pun mencintainya sepenuh hati. Kedua remaja  terlibat asmara.

Pada malam dia merayakan hari lahirnya di bulan Desember, kekasih hatinya hadir. Asmara sedang mekar-mekarnya. Dia dihadiahi peluk dan ciumaan mesra. Peluk cium pertama yang direguknya. Tak disangka itu yang penghabisan pula.

Kisah cintanya dengan pria itu singkat tapi meninggalkan kesan yang sangat dalam.

Apakah sang kekasih meninggal, memutus cinta, pindah domisili, atau hubungannya tidak direstui orang tua, tidak diceritakan lebih jauh.

Lagu ini berlatar percintaan tahun 70-an, saat itu pindah domisili bisa dibilang tidak hampir jauh beda dengan pindah alam. Begitu terbatasnya alat komunikasi. Kemudian, restu orang tua tempo dulu sudah berlaku sejak memilih pacar. Jangankan itu, keluar rumah saja harus atas restu orang tua. 

Tapi kemungkinan besar karena meninggal dunia, entahlah. Menurut kalian apa kira-kira penyebabnya? Tulis di kolom komentar.

2. Desember - Koes Plus (1973)

koes plus
Koes Plus

Dia terkenang masa-masa berpacaran sewaktu remaja dahulu. Dia bertemu wanita pujaan hatinya suatu hari di bulan Desember. Hubungan cinta bertahan sampai ke pelaminan. Setia dengan satu cinta. Namun intinya bukan di situ.

Di lagu ini dia ingin mengatakan bagian terbaik dari sebuah hubungan cinta adalah masa berpacaran. Sampai-sampai dia nyatakan berulang-ulang, "Masa bercinta masa yang paling indah walaupun penuh dng penderitaan."

3. Memori Bulan Desember - Tommy J Pisa (1986)

tommy j pisa
Tommy J Pisa

Ini lagu tentang jatuh cinta pada pandangan pertama. Dia mengisahkan pertemuan pertamanya dengan seorang cewek. Mereka berpacaran sejak di bangku sekolah. Bertemu pertama kali di simpang jalan saat pulang sekolah. Hari itu bulan Desember. Hari bersejarah yang takkan terlupakan. Dulu wanita itu pacarnya, sekarang menjadi istrinya.

4. Desember Kelabu - Maharani Kahar (1982)

Maharani Kahar
Maharani Kahar

Berisi curahan hati seorang wanita dalam penantian. Dia dijanjikan pelaminan dan bulan madu yang indah oleh kekasih hatinya.

Dalam janji itu, pada suatu malam yang berhujan dan dingin di bulan Desember kekasihnya pamit pergi.

Satu tahun berlalu, tiada kabar dari kekasihnya. Dia tetap sabar menanti. Harapannya masih tinggi di tengah kekhawatiran bakal menjadi Desember kelabu.

Sampai suatu malam ketika hujan turun deras disertai angin kencang yang dingin, hatinya tersentak, "Ini Desember kedua." Yang dinanti tak datang jua. Hatinya patah sekarang. Nyeri. 

5. Badai Bulan Desember - AKA (1974)

AKA
AKA

Lagu ini lahir dari rasa bersalah seorang pria kepada kekasihnya. Dia telah berjanji untuk setia namun tak ditepati.

Dia berusaha meminta pengertian kekasih pertamanya, tapi sepertinya hal itu tidak bisa diterima. Kemudian sesuatu terjadi pada kekasih pertamanya. Si lelaki merasa hal itu lantaran dirinya. Kejadiannya pada bulan Desember.

Ada lagu baru ciptaan anak sekarang judulnya December tapi tidak populer. Liriknya pun aneh.

Itulah 5 lagu berjudul Desember yang popiuler pada zamannya. dibawakan penyanyi top dan band papan atas Indonesia. Mereka ini antara lain lagu yang pada masanya berusaha dihafal liriknya dan dikuasai chordnya, supaya bisa dinyanyikan di deker atau dipamerkan pada cewek yang dinaksir.

Di antaranya masih dinyanyikan sampai sekarang, banyak dicover orang, atau bahkan ada yang dirilis ulang. Misalnya lagu Badai Bulan Desember dirilis ulang AKA pada 1997 atau 23 tahun kemudian, melibatkan gitaris Ian Antono.

Lagu Desember Kelabu direcycle pada 1997 oleh Yuni Shara dan meledak di pasaran, sehingga melambungkan namanya semakin tinggi. Bahkan sosok Yuni Shara menjadi lebih identik dengan lagu ini ketimbang Maharani Kahar, penyanyi aslinya.

Selain itu lagu yang banyak direcycle artis lainnya adalah Kenangan Desember. Tersebutlah biduan kawakan Tetty Kadi, Grace Simon, Marini Sardi, dan juga oleh Rani. (*)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sketsa 80-an: Kapal Kayu

Pelabuhan Raha dulu sentral. Titik tolak lalu lintas kapal penumpang rute Kendari-Raha-Baubau. Dan pelabuhan transit yang bergairah. Jalur dilayani oleh kapal motor antara lain Cahaya Alam, Bawakaraeng, Imalombasi, Ilologading. Foto KM Bawakaraeng yang sempat diabadikan seseorang Kapal kayu, dermaganya pun masih kayu. Tahun 80-an segalanya masih sederhana. Tapi kesibukannya melampaui zamannya. Di Raha kapal dibagi, ke Kendari dan ke Baubau. Pelabuhan sangat ramai pada malam hari. Ada penjual gogos dan telur masak, buah-buahan, kacang kulit goreng, rokok, gula-gula, kue, macam-macam. Kacangnya digoreng pakai pasir, garing sekali. Ke Kendari ditempuh 7 atau 8 jam. Saking lamanya, tak jarang tercipta cinta satu malam. Tarik jangkar pukul 10.00 malam, berlabuh di Kendari subuh pukul 05.00. Beberapa orang memilih tidur-tiduran dulu di kapal, terang matahari baru turun. Lainnya langsung beranjak walau dunia masih gelap. Ada yang ke Kendari hanya turun belanja barang, kemudian balik lagi ke R

4 Cara ke Wakatobi

Wakatobi terletak di segitiga terumbu karang dunia, sehingga memiliki kekayaan hayati yang sangat tinggi. Keindahan bawah laut Wakatobi membuat dia dijadikan Taman Nasional Wakatobi pada 1996 oleh pemerintah Indonesia. Wakatobi adalah sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara. Dia merupakan gugusan pulau dengan pulau utama Wanci, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Nama Wakatobi diambil dari akronim keempat pulau. Menurut situs Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Taman Nasional Wakatobi merupakan salah satu dari 50 taman nasional di Indonesia, dengan total area seluas 1,39 juta hektare, menyangkut keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. Kedalaman air di taman nasional ini bervariasi, bagian terdalam mencapai 1.044 meter di bawah permukaan air laut. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sultra, Wakatobi terdiri atas 8 kecamatan, memiliki 142 pulau s

Nandooto, Gunung Tertinggi Kedua di Sultra Ditaklukkan Agustus 2023

Gunung Nandooto atau Osu Nandooto merupakan puncak gunung tertinggi kedua di Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan ketinggian 2.421 meter di atas permukaan laut (Mdpl), berada di hamparan Pegunungan Tangkelemboke Kabupaten Konawe. Adapun puncak gunung tertinggi pertama di Sultra adalah Gunung Mekongga yang terletak di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) dengan ketinggian 2.640 Mdpl. Pegunungan Tangkelemboke berdiri memanjang dari bagian barat hingga ke timur dan utara, masuk di wilayah administratif Kabupaten Konawe dan Konawe Utara (Konut) serta Kolaka Timur (Koltim).  Butuh 8 Hari untuk Sampai di Puncak Tim ekspedisi dan eksporasi Mahacala UHO Kendari menaklukkan puncak Gunung Nandooto di Pegunungan Tangkelemboke Konawe, gunung tertinggi kedua di Sulawesi Tenggara . Tim Ekspedisi dan Eksplorasi Mahasiswa Pecinta Alam (Mahacala) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari berhasil menaklukkan puncak tertinggi Pegunungan Tangkelemboke, Osu Nandooto, pada 29 Agustus 2023. Untuk sampai ke puncak dibutuhk