Daerah Pemekaran Muna tapi Namanya Buton Utara Langsung ke konten utama

Daerah Pemekaran Muna tapi Namanya Buton Utara

Kabupaten Muna pada 2007 memekarkan wilayah Buton utara. Tujuh tahun kemudian Kabupaten Buton memekarkan wilayah Muna selatan. Bagaimana ini bisa terjadi?

Begini ceritanya. Sebelum 2007 Buton dan Muna berbagi tempat di wilayah administrasinya.

Sebagian wilayah Buton berada di daratan Pulau Muna, yaitu Kecamatan Mawasangka dan Gu. Sebaliknya, sebagian wilayah Muna berada di daratan Pulau Buton, yaitu Kecamatan Wakasusu.

Dan tampaknya kedua pihak sepemahaman, baik tutur cerita di Muna maupun di Buton, bahwa pembagian wilayah itu terjadi di era Raja Buton Lakilaponto.

Lakilaponto menjadi Raja Buton dengan cara yang unik. Dia pada mulanya adalah Raja Muna ke-7. Entah bagaimana Lakilaponto ikut sayembara Kerajaan Buton, "Barang siapa bisa membunuh bajak laut La Bolontio yang sudah sangat meresahkan kehadirannya akan diangkat menjadi Raja Buton". Dan dia berhasil.

Lakilaponto kemudian dilantik jadi Raja Buton ke-6 sedangkan mahkota kekuasaannya di Muna diserahkan pada adiknya, La Posasu.

Menurut buku "Sejarah dan Kebudayaan Kerajaan Muna" ditulis Jules Couvreur, Lakilaponto dan La Posasu adalah anak ke-8 dan ke-9 Raja Muna Sugi Manuru. Mereka bersaudara sebanyak 14 orang, 2 di antaranya perempuan. Setelah Sugi Manuru turun tahta, ia digantikan Lakilaponto.

Diriwayatkan secara turun temurun, Lakilaponto punya kedekatan emosional dengan warga Mawasangka dan Gu, lalu secara khusus meminta kepada Lapusaso agar wilayah Muna bagian selatan itu diambil jadi bagian dari Kerajaan Buton. Sebagai gantinya ia memberikan Wakasusu, wilayah bagian utara Pulau Buton kepada Kerjaan Muna. 

Pengaturan ini tidak sekadar komitmen antara kakak dan adik, melainkan dibakukan dengan Perjanjian Kapeo-peo antara Muna dan Buton yang mengesahkan Wakasusu menjadi bagian dari Kerajaan Muna.

Setelah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terbentuk, Wakasusu menjadi satu dari 4 kecamatan pembentuk Kabupaten Muna saat pemekaran Kabupaten Sulawesi Tenggara (Sultra) pada 1959 menjadi 4 daerah otonom, yaitu Kabupaten Muna, Buton, Kendari, dan Kolaka. 

Wilayah administrasi Kabupaten Muna terdiri atas Kecamatan Wakasusu, Katobu, Katongku, dan Laworo.

Ketika keran pemekaran wilayah dibuka melalui UU No. 22 Tahun 1999 tentang Otonomi Daerah yang kemudian direvisi menjadi UU No.32 Tahun 2004, Wakasusu meminta mekar dari Kabupaten Muna. 

Pemekaran sempat alot, salah satunya soal nama daerah dan letak ibu kota. Pemerintah Kabupaten Muna ingin namanya tidak menggunakan frasa Buton dan ibu kotanya di Buranga bukan di Ereke. Dari kedua opsi, yang lolos di DPR-RI hanya letak ibu kota di Buranga. 

Ketua Komisi I DPRD Muna pada saat itu, La Nika, menggambarkan konstelasinya. 

"Kita DPRD dan juga Bupati Ridwan Bae memang waktu itu tidak menerima namanya Buton Utara. Kita mengajukan Wakasusu. Tapi terjadi polarisasi. Ada pressure yang 'bermain' dengan oposisi yang duduk di dewan," katanya dari balik telepon, akhir Agustus 2023 lalu. Nama Buton Utara, lanjut dia, muncul dari bawah.

"Secara sosiologis masyarakat Wakasusu itu sejak dahulu, jauh sebelum usulan pemekaran, memang secara administratif di bawah Kabupaten Muna namun mereka selalu menyebut dirinya Buton Utara, bahkan di KTP mereka tertulis Buton Utara. Kondisi sosiologi sebagaimana di awalnya mereka terafiliasi dengan Kesultanan Buton."

Secara resmi Buton Utara mekar 2007 membawa 5 kecamatan, yaitu Kecamatan Wakorumba Utara, Bonegunu, Kambowa, Kulisusu, dan Kulisusu Utara.

Sementara itu, pemekaran Mawasangka dan Gu pada 2014 meski letaknya di daratan Pulau Muna bagian selatan diberi nama Buton Tengah. 

Jadi pemekaran Muna di wilayah utara Pulau Buton bernama Buton Utara, sedangkan pemekaran Buton di wilayah Muna bagian selatan namanya Buton Tengah, 

Terlepas dari itu, masih ada sebagian kecil wilayah Kabupaten Muna yang berada di daratan utara Buton tidak ikut bergabung ke dalam pemekaran Buton Utara, setidaknya masih 5 kecamatan lagi, yaitu Kecamatan Maligano, Batukara, Wakorumba Selatan, Pasikolaga, dan Pasir Putih. Saat tulisan ini dibuat, wilayah itu sedang berjuang untuk mekar menjadi Kabupaten Muna Timur. (*)

Baca Juga:
Timeline Pemekaran Daerah di Sulawesi Tenggara
Status Muna terhadap Buton


Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Cara ke Wakatobi

Wakatobi terletak di segitiga terumbu karang dunia, sehingga memiliki kekayaan hayati yang sangat tinggi. Keindahan bawah laut Wakatobi membuat dia dijadikan Taman Nasional Wakatobi pada 1996 oleh pemerintah Indonesia. Wakatobi adalah sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara. Dia merupakan gugusan pulau dengan pulau utama Wanci, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Nama Wakatobi diambil dari akronim keempat pulau. Menurut situs Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Taman Nasional Wakatobi merupakan salah satu dari 50 taman nasional di Indonesia, dengan total area seluas 1,39 juta hektare, menyangkut keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. Kedalaman air di taman nasional ini bervariasi, bagian terdalam mencapai 1.044 meter di bawah permukaan air laut. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sultra, Wakatobi terdiri atas 8 kecamatan, memiliki 142 pulau s

Nandooto, Gunung Tertinggi Kedua di Sultra Ditaklukkan Agustus 2023

Gunung Nandooto atau Osu Nandooto merupakan puncak gunung tertinggi kedua di Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan ketinggian 2.421 meter di atas permukaan laut (Mdpl), berada di hamparan Pegunungan Tangkelemboke Kabupaten Konawe. Adapun puncak gunung tertinggi pertama di Sultra adalah Gunung Mekongga yang terletak di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) dengan ketinggian 2.640 Mdpl. Pegunungan Tangkelemboke berdiri memanjang dari bagian barat hingga ke timur dan utara, masuk di wilayah administratif Kabupaten Konawe dan Konawe Utara (Konut) serta Kolaka Timur (Koltim).  Butuh 8 Hari untuk Sampai di Puncak Tim ekspedisi dan eksporasi Mahacala UHO Kendari menaklukkan puncak Gunung Nandooto di Pegunungan Tangkelemboke Konawe, gunung tertinggi kedua di Sulawesi Tenggara . Tim Ekspedisi dan Eksplorasi Mahasiswa Pecinta Alam (Mahacala) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari berhasil menaklukkan puncak tertinggi Pegunungan Tangkelemboke, Osu Nandooto, pada 29 Agustus 2023. Untuk sampai ke puncak dibutuhk

Tempat Keramaian Kendari, Wisata Malam Ruang Terbuka

Kota Kendari punya beberapa pilihan tempat kongko di ruang terbuka, tempat orang membentuk keramaian umum. Beberapa di antaranya menjadi tempat wisata malam pelepas penat, mengendurkan urat syaraf, menurunkan ketegangan setelah seharian sibuk beraktivitas.  Kendari, daerah yang perkembangan kotanya melingkari Teluk Kendari, tidak heran kebanyakan wisata kuliner, hotel, dan spot foto hits dibangun di tepi teluk, menjual view teluk dan dua landmark Kendari yang ikonik, Jembatan Teluk Kendari dan masjid terapung Al Alam. Berikut ini pilihan wisata malam ruang terbuka dan tempat-tempat keramaian yang populer.  1. Kendari Beach Kendari Beach dengan latar Teluk Kendari dan Masjid Al Alam di kejauhan Ada sepenggal jalan bypass di Kemaraya, jalur sepanjang Taman Teratai sampai Meohai Park, sebuah taman yang diapit Jln Ir H Alala dan Jln Sultan Hasanuddin, tempat keramaian pertama di Kendari sejak 80-an dan masih eksis sampai hari ini sebagai tempat favorit nongkrong. Panjangnya hanya kurang le