Sketsa 80-an: Kota Jati Langsung ke konten utama

Sketsa 80-an: Kota Jati

Raha, sebuah kota pelabuhan yang tenang. Diapit laut dan hutan jati.

Laut di timur, hutan jati di barat.

Kotanya tidak luas, melainkan memanjang mengikuti garis pantai. Lebarnya dulu hanya kurang lebih 3 kilometer dari bibir pantai ke tepi hutan jati.

Raha, pulau berbahan kars, persembahan mahakarya tektonik.

Udaranya perpaduan aroma garam dan wangi bunga jati alam.

Gairahnya merupakan pergolakan antara deru angin laut yang beringas dan semilir hawa rimba yang tentram.

Baca Juga:
Napabale Laguna, Lukisan Vagina Alam

Tahun 80-an jalan ke Tampo dan Warangga jati berjajar di kiri kanan jalan raya, dahannya sudah saling bertaut. Melewati jalan itu sama dengan memasuki terowongan gelap. Matahari tidak tembus. 

Jati tidak ada yang dibuang. Daunnya jadi pembungkus ikan dan pewarna alami, rantingnya kayu bakar, dahannya pagar, batangnya bahan rumah, akarnya jadi gembol.

Bagaimana Pulau Muna bisa melimpah pohon jati, ada kisah yang diceritakan turun-temurun.

Awal abad ke-15, memerintah Kerajaan Muna pada saat itu Raja Sugi Laende dan armada perangnya dipimpin Kapitalao (Panglima Perang) Paelangkuta.

Baca Juga:
Katimboka, Layangan Pertama di Dunia

Suatu hari Paelangkuta pulang dari Jawa usai membantu Jepara berperang melawan Inggris. Dia diberi oleh-oleh benih pohon jati. 

Dari situlah asal penamaan kulidawa. Kuli artinya kayu, dawa artinya Djawa dalam lidah orang Muna. Dia ditanam di wilayah yang saat ini bernama Napabalano.

Pada masa penjajahan Belanda, potensi jati dibudidayakan.

Menurut catatan harian Jules Couvreur seorang kontrolir onderafdeling Muna yang diutus Belanda tahun 1933 sampai 1935, semacam bupati sekarang ini, Belanda menginjakkan kaki di Muna tahun 1906, 

Baca Juga:
Raja Festival Layangan Internasional Itu Bernama Kolope

Catatan tentang jati ditulis budayawan Muna, H Sido Thamrin, mantan wartawan.

"Pada tahun 1933, oleh Belanda untuk pertama kali dibuka kultur tanaman jati dengan luas ±15 ha sebagai percobaan di kampung Liabhalano (12 km dari Raha). Menyusul kultur patu-patu I (1936) dan II (1938) dan kultur Warangga (km 1-2,5 dari Raha) tahun 1940. Terakhir kultur Wasawala (dekat Karaaraano) pada tahun 1942, menjelang tantara Jepang masuk di Muna."

"Untuk melancarkan ekspor kayu jati langsung dari Raha, pemerintah Belanda mendatangkan sebuah perusahaan yang cabangnya berdomisili di Raha, yang bernama “Verenigde Javasche Houthandel Matschappy” yang disingkat “VEJAHOMA”. Berkantor dan bermarkas di utara Kota Raha pada tahun 1936."

Untuk alasan itu Raha mendapat julukan Kota Jati dan Pulau Muna digelar Pulau Selaksa Jati.

Sebagai anak-anak di masa kemerdekaan, atmosfer 80-an, hutan tempat mencari kayu bakar, bahan permainan, hunting ramuan obat-obatan tradisional, mencari anggrek, bunga, ayam hutan, dan buah-buahan.  

Buah raghu, bele-bele, kumbou, rumba, sony. Jati itu sendiri buahnya enak seperti kacang.

Bahkan layang-layang putus carinya di hutan. Dibawa angin laut ke angkasa, tersangkut di pucuk-pucuk pohon jati. 

Waktu masih ada hutan jati, Raha cepat sekali malam. Hutan jati yang lebat dan menjulang tinggi membuat matahari terbenam lebih awal.

Dari sanalah asal suara berisik saban petang. Suara burung pulang ke sarang, berbagai jenis burung penguni rimba. 

Sama ributnya dengan suasana di sumur-sumur umum. Keseruan terakhir untuk hari itu.

Dari sumur umum tercipta janji pergi nonton bareng film kesukaan di rumah yang ada televisinya. Ketika TVRI satu-satunya siaran televisi.

Film kartun Elang Perak (Silver Hawk), Para Pembela Bumi (Defenders of the Earth), Centurion, HE-MAN, Mask, dan lainnya.

Kemudian ada pula film aksi Remington Steele, Hammer, film koboi Border Town, komedi situasi (sitkom) Full House, dan banyak lagi.

Dan bila malam benar-benar tiba di kota, matahari akan segera digantikan cahanya oleh tiga jenis lampu. Ada rumah yang pakai lampu teplok, stromking, pun ada pula lampu listrik.

Bila siang dicambuk angin laut yang menggebu, maka malam dibelai hembusan tectona grandis yang melenakan.

Raha dan jati adalah perpaduan yang indah, sebenarnya. (*)

Bersambung ke edisi Kapal Kayu

Sebelumnya:

PHB
Cinta Monyet
Raha Sekilas 80-an


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu tentang Desember

Semua hal di dunia ini barangkali sudah pernah dibuatkan lagu. Tidak terkecuali nama bulan. Setiap bulan kayaknya ada lagunya, mulai dari Januari sampai Desember. Seperti halnya bulan ini kita berada di Desember, Indonesia punya beberapa lagu populer yang diciptakan dengan judul Desember. 1. Kenangan Desember - Arie Koesmiran (1970) Arie Koesmiran Ini lagu cewek. Lewat lagu ini si cewek membuka rahasia hatinya yang terdalam. Setiap wanita pasti punya kenangan emas, kenangan yang sangat berkesan dalam hidupnya. Kenangan emasnya dia direbut oleh seorang pria yang pernah membuatnya jatuh hati. Pria itu pun mencintainya sepenuh hati. Kedua remaja  terlibat asmara. Pada malam dia merayakan hari lahirnya di bulan Desember, kekasih hatinya hadir. Asmara sedang mekar-mekarnya. Dia dihadiahi peluk dan ciumaan mesra. Peluk cium pertama yang direguknya. Tak disangka itu yang penghabisan pula. Kisah cintanya dengan pria itu singkat tapi meninggalkan kesan yang sangat dalam. Apakah sang kekasih men

Tempat Keramaian Kendari, Wisata Malam Ruang Terbuka

Kota Kendari punya beberapa pilihan tempat kongko di ruang terbuka, tempat orang membentuk keramaian umum. Beberapa di antaranya menjadi tempat wisata malam pelepas penat, mengendurkan urat syaraf, menurunkan ketegangan setelah seharian sibuk beraktivitas.  Kendari, daerah yang perkembangan kotanya melingkari Teluk Kendari, tidak heran kebanyakan wisata kuliner, hotel, dan spot foto hits dibangun di tepi teluk, menjual view teluk dan dua landmark Kendari yang ikonik, Jembatan Teluk Kendari dan masjid terapung Al Alam. Berikut ini pilihan wisata malam ruang terbuka dan tempat-tempat keramaian yang populer.  1. Kendari Beach Kendari Beach dengan latar Teluk Kendari dan Masjid Al Alam di kejauhan Ada sepenggal jalan bypass di Kemaraya, jalur sepanjang Taman Teratai sampai Meohai Park, sebuah taman yang diapit Jln Ir H Alala dan Jln Sultan Hasanuddin, tempat keramaian pertama di Kendari sejak 80-an dan masih eksis sampai hari ini sebagai tempat favorit nongkrong. Panjangnya hanya kurang le

4 Cara ke Wakatobi

Wakatobi terletak di segitiga terumbu karang dunia, sehingga memiliki kekayaan hayati yang sangat tinggi. Keindahan bawah laut Wakatobi membuat dia dijadikan Taman Nasional Wakatobi pada 1996 oleh pemerintah Indonesia. Wakatobi adalah sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara. Dia merupakan gugusan pulau dengan pulau utama Wanci, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Nama Wakatobi diambil dari akronim keempat pulau. Menurut situs Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Taman Nasional Wakatobi merupakan salah satu dari 50 taman nasional di Indonesia, dengan total area seluas 1,39 juta hektare, menyangkut keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. Kedalaman air di taman nasional ini bervariasi, bagian terdalam mencapai 1.044 meter di bawah permukaan air laut. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sultra, Wakatobi terdiri atas 8 kecamatan, memiliki 142 pulau s