Muhammad SAW 426 Kata Langsung ke konten utama

Muhammad SAW 426 Kata

Pasukan Bergajah

Pada 571 Masehi, pasukan bergajah dari Yaman dipimpin Abrahah datang ke Makkah hendak meruntuhkan Kakbah.

Yaman, negeri yang belum lama ditaklukkan tentara Abasiyah dalam sebuah ekspansi, yang mana Abrahah salah satu petempur di dalamnya.

Setelah kemenangan yang gemilang, Abrahah membunuh komandan pasukannya dan mengambil alih kekuasaan di Yaman.

Niat Abrahah menghancurkan Kakbah digagalkan burung-burung Ababil. Peristiwa  ini sekitar 50 atau 55 hari sebelum kelahiran Nabi Muhammad.

Abdullah

Abdullah adalah ayah Muhammad. Abdullah salah seorang anak Abdul Muthalib yang paling bagus dan paling dicintainya.

Abdullah menikah dengan Aminah bin Abdi Manaf bin Zuhrah bin Kilab, wanita terpandang Quraisy.

Suatu hari Abdullah pulang dari berdagang di Syam jatuh sakit lalu singgah di Madinah dan wafat dalam usia 25 tahun. Ia meninggalkan istrinya dalam keadaan menghamilkan Muhammad SAW.

Muhammad SAW

Muhammad SAW dilahirkan di Makkah, Senin pagi, 12 Rabiulawal bertepatan dengan 20 atau 22 April 571 M.

Wanita pertama yang menyusui beliau setelah ibunya adalah Tsuwaibah, hamba sahaya Abu Lahab, paman Muhammad SAW.

Kakeknya, Abdul Muthalib, sebagaimana tradisi orang Makkah kemudian mencari wanita untuk menyusui Muhammad SAW dan mendapatkan Halimah As-Sadiyah. 

Setelah 2 tahun, Halimah masih ingin merawat Muhammad SAW dan memintanya pada ibunya dan diizinkan. Jadilah Muhammad SAW tinggal bersamanya hingga 4 atau 5 tahun.

Setelah dikembalikan, Muhammad SAW tinggal bersama ibunya hanya kurang lebih setahun. 

Suatu hari, Aminah karena teringat mendiang suaminya lantas pergi menziarahi kuburnya di Madinah. 

Ia mengajak serta Muhammad SAW dan pembantunya, Ummu Aiman. Mereka tinggal selama sebulan di sana.

Dalam perjalanan pulang, Aminah jatuh sakit dan meninggal sebelum sampai di Makkah. Di usia 6 tahun, Muhammad SAW telah menjadi yatim piatu.

Ia kemudian diasuh kakeknya, Abdul Muthalib.

Pada usia 8 tahun, kakeknya itu pun meninggal. Ia lalu diasuh pamannya, Abu Thalib, hingga menikah dengan Khadijah binti Khuwailid.

Bersama Khadijah, Muhammad SAW dikaruniai anak:

1. Al-Qasim

2. Zainab

3. Ruqayyah

4. Ummu Kaltsum

5. Fathimah

6. Abdullah.

Selain dari rahim Khadijah, Muhammad SAW  mempunyai seorang putra dari Mariah Al-Qibthiyah diberi nama Ibrahim.

Semua putra Muhammad SAW meninggal dunia selagi masih kecil. Sedangkan putri-putri beliau sempat menjumpai Islam, hanya saja mereka semua meninggal dunia selagi beliau masih hidup, kecuali Fatimah. Fatimah meninggal 6 bulan sepeninggal beliau.

Menjadi Rasul

Muhammad SAW diangkat menjadi rasul ditandai ayat pertama turun pada Senin malam tanggal 21 Ramadan. Bertepatan dengan 10 Agustus 610 Masehi. 

Usia beliau 40 tahun lebih 6 bulan 12 hari menurut perhitungan kalender Hijriah atau 39 tahun lebih 3 bulan 20 hari menurut perhitungan kalender Syamsiyah.

Muhammad SAW berdakwah di Makkah 13 tahun, kemudian di Madinah 10 tahun. Ia wafat di Madinah tahun ke-11 hijrah. (*)

Berdasarkan buku Sirah Nabawiyah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kerajaan Besar di Sultra Berakar dari Kedatuan Luwu kecuali Buton

Bila mencermati cerita rakyat masing-masing 4 kerajaan besar di Sulawesi Tenggara bagaimana kerajaan-kerajaan itu terbentuk, dalam ibarat, setiap cerita mewakili satu kepingan puzzle. Apabila keempatnya digabungkan maka terbentuklah satu gambaran utuh dan menyeluruh, yang dapat diambil satu kesimpulan dari padanya. Bahwa raja pertama Kerajaan Mekongga, Konwe, dan Muna, kecuali Kerajaan Buton, ketiganya berasal dari akar yang sama, yaitu Kedatuan Luwu di zaman Sawerigading. Raja pertama Mekongga Larumbalangi adalah keluarga Sawerigading, Raja pertama Konawe Wekoila atau We Tenrirawe juga keluarga Sawerigading. Wekoila kakak beradik dengan Larumbalangi. Kemudian, Raja Muna pertama suami We Tenri Abeng, kembar emas Sawerigading. Bahasa lainnya Ipar Sawerigading. Merujuk epos Lagaligo, suami We Tenri Abeng adalah Remang Rilangi. Sementara itu, Kerajaan Buton dibentuk oleh 4 laki-laki pendatang dari rumpun melayu pada akhir abad ke-13 atau awal abad ke-14, yaitu Sipanjongan, Sijawangkati, S

Lagu tentang Desember

Semua hal di dunia ini barangkali sudah pernah dibuatkan lagu. Tidak terkecuali nama bulan. Setiap bulan kayaknya ada lagunya, mulai dari Januari sampai Desember. Seperti halnya bulan ini kita berada di Desember, Indonesia punya beberapa lagu populer yang diciptakan dengan judul Desember. 1. Kenangan Desember - Arie Koesmiran (1970) Arie Koesmiran Ini lagu cewek. Lewat lagu ini si cewek membuka rahasia hatinya yang terdalam. Setiap wanita pasti punya kenangan emas, kenangan yang sangat berkesan dalam hidupnya. Kenangan emasnya dia direbut oleh seorang pria yang pernah membuatnya jatuh hati. Pria itu pun mencintainya sepenuh hati. Kedua remaja  terlibat asmara. Pada malam dia merayakan hari lahirnya di bulan Desember, kekasih hatinya hadir. Asmara sedang mekar-mekarnya. Dia dihadiahi peluk dan ciumaan mesra. Peluk cium pertama yang direguknya. Tak disangka itu yang penghabisan pula. Kisah cintanya dengan pria itu singkat tapi meninggalkan kesan yang sangat dalam. Apakah sang kekasih men

Inilah Daerah Terluas dan Terkecil di Sulawesi Tenggara

Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mempunyai wilayah administratif seluas 36.159,71 km2. Di dalamnya terdapat 590 pulau besar dan kecil. Provinsi ini berdiri 15 kabupaten dan 2 kota.  Awalnya Sultra hanya 4 kabupaten, yaitu 2 di wilayah daratan dan 2 di wilayah kepulauan.  Di wilayah daratan yang sangat luas, meliputi lengan tenggara Pulau Sulawesi, hanya dihuni 2 kabupaten, yaitu Konawe dan Kolaka. Konawe mengarsir wilayah yang sangat luas dibanding Kolaka, setelah mewariskan bekas wilayah Kerajaan Konawe. Demikian juga Kabupaten Kolaka mengkaveling wilayah bekas Kerajaan Mekongga.  Sedangkan 2 kabupaten di kepulauan adalah Kabupaten Muna di Pulau Muna dan Kabupaten Buton di Pulau Buton, masing-masing dua kerajaan besar pada masanya. Sejauh ini di wilayah kepulauan telah terbentuk 9 kabupaten/kota dengan adanya pemekaran daerah, sementara di wilayah daratan berdiam 8 kabupaten/kota. Di antara 17 kabupaten/kota itu ada yang wilayahnya luas dan ada pula yang kecil.  Berikut ini 5 besar